P2B

Artikel ilmiah

Karya Ilmiah Terapan

Makalah Prala

Skripsi

Tesis

Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Serta Implikasinya Terhadap Loyalitas Alumni Taruna Poltekpel Banten

R. Herlan Guntoro, M.M, Joni Turiska, S.T, M.Si, M.Mar.E dan Capt.Dapid Rikardo,M.M.Tr.,M.Mar (2020) Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Serta Implikasinya Terhadap Loyalitas Alumni Taruna Poltekpel Banten

Text
LAMPIRAN.pdf

Download (255kB)

    Abstract

    Dampak revolusi industri 4.0 tampak jelas dalam sektor maritim dan bahari Indonesia. Sehingga diperlukan penguatan sinergi pada bidang teknologi, ekonomi, pendidikan, sosial dan budaya. Keberhasilan lembaga pendidikan dalam memberikan pelayanan dapat diidentifikasi melalui kepuasan pelanggan. Dalam mencapai tingkat kepuasan yang tinggi, diperlukan adanya pemahaman tentang apa yang diinginkan oleh konsumen melalui pengembangan sikap komitmen dari setiap individu yang berada di dalam lembaga dalam memenuhi kebutuhan konsumen.
    Akbar dan Pervesz (2009) menemukan bahwa variable kepuasan pelanggan memberikan efek positif dan signifikan terhadap loyalitas. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan sebagai variabel antara selanjutnya menguji variabel-variabel tersebut dengan loyalitas alumni taruna Poltekpel Banten.
    Tempat penelitian dilakukan di Poltekpel Banten, dilaksanakan mulai bulan Januari 2020 sampai dengan Mei 2020. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif dengan metode survei. Adapun proses penelitiannya bersifat deduktif dengan teknik analisa menggunakan SEM AMOS. Variabel yang digunakan adalah kualitas pelayanan, kepuasan taruna dan loyalitas taruna. Populasi dalam penelitian ini, adalah alumni Poltekpel Banten, dengan jumlah sampel sebanyak 210 taruna/i. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner. Dari empat hipotesis yang diuji dalam penelitian ini ditemukan 2 hipotesis berhubungan negatif (berlawanan arah), 1 tidak signifikan dan 1 positif.

     

    Kata Kunci : kualitas pelayanan, kepuasan taruna dan loyalitas taruna

    Item Type: Article (Jurnal Marine Inside)
    Additional Information: .
    Subjects: Pelayaran 
    Divisions: Jurnal > Article
    Depositing User: R. Herlan Guntoro, M.M, Joni Turiska, S.T, M.Si, M.Mar.E dan Capt.Dapid Rikardo,M.M.Tr.,M.Mar
    Date Deposited: 09 Juli 2021 11:11
    Last Modified: 09 Juli 2021 11:11
    URI: https://poltekpel-banten.ac.id/project/pengaruh-kualitas-pelayanan-terhadap-kepuasan-serta-implikasinya-terhadap-loyalitas-alumni-taruna-poltekpel-banten/

    Actions (login required)

    Fitur

    Panduan Penulisan

    Buku

    Penelitian

    Artikel ilmiah

    Resources

    E-book

    Karya Ilmiah Terapan

    Video Pembelajaran

    Modul-modul

    Join Update