Sebagai bentuk peduli dalam pelestarian lingkungan, banyak cara bisa dilakukan misalnya saja melalui penanaman pohon. Sebuah pengalaman menyenangkan pastinya ketika bisa turut berkontribusi nyata melalui kegiatan positif yang berorientasi pada pemberdayaan lingkungan.
Salah satu bentuk kepedulian adalah dengan ikut serta dalam penanaman tanaman bakau atau yang sering disebut juga mangrove. Iya, beradaan ekosiste mangrove terbilang cukup penting khususnya bagi kawasan pesisir, baik sebagai benteng pertahanan terhadap resiko bencana maupun sebagai mata pencaharian alternatif melalui pengembangan industri pariwisata.
Tanaman bakau berfungsi utama sebagai pencegah abrasi dan erosi (pengikisan tanah) di kawasan pantai. Ekosistem mamgrove juga menjadi tempat hidup biota laut dan satwa-satwa disekitar area itu.
Keberadaan ekosistem mangrove  memberikan banyak manfaat bagi keseimbangan lingkungan disamping itu peran lainnya seperti mencegah Erosi Pantai.Erosi pantai akan terus menggerus permukaan bumi sehingga mengancam lingkungan manusia. Erosi adalah terkikisnya lahan atau permukaan tanah yang disebabkan oleh aliran air sedangkan abrasi merupakan terkikisnya permukaan tanah yang disebabkan oleh hempasan ombak laut. Salah satu cara mencegah terjadinya erosi dan abrasi dibutuhkan sesuatu yang kuat untuk menghindari pengerusan saat ombak besar terjadi.
Oleh sebab itu, penanaman Mangrove kian di berdayakan sebab pohon Mangrove diyakini mempunyai sistem perakaran yang sangat kuat sehingga  mampu meredam energi gelombang laut yang terjadi. Mencegah Pemanasan Global
Pemanasan global memang menjadi ancaman yang sangat serius untuk alam dan manusia. Salah satu cara untuk mencegah atau mengurangi dampak pemanasan global adalah dengan mengembangkan kawasan ekosistem mangrove yang berkelanjutan.
Jauh sebelum pandemic Covid terjadi Taruna-Taruni P2B aktif dalam penanaman mangrove dan melakukan pembersihan pantai. Nilai-Nilai tersebut sesuai dengan Goals SDGs no 13 (Perubahan Iklim dan Goal 14 )kehidupan lautan) meskipun pada saat itu SDGs Center belum didirikan di P2B namun Filosopi nilai nilai SGGs sudah melekat di lembaga ini.
Bersama kita bisa !